Terbaru - #3 Teknik Seo Menerapkan Kata Kunci Artikel Blog

Teknik SEO Menerapkan Kata Kunci Artikel Blog - Peletakan kata kunci pada meta keyword masih berpengaruh untuk meningkatkan rangking sebuah halaman, tetapi berdasarkan informasi terupdate yang saya dapatkan, untuk saat ini, terutama mesin pencari google sudah tidak menjadikan meta keyword sebagai faktor yang mempengaruhi rangking halaman situs. perwakilan google menyebutkan: "penyebabnya anatara lain banyak pengguna yang menyalahgunakan meta keyword untuk menempatan keyword secara berlebihan (keyword stuffing) dan kadang terdapat kata kunci yang tidak relevan dengan isi artikel".

Apakah manfaat dari penerapan kepadatan kata kunci dan optimasinya pada website Anda?

Penggunaan keyword secara optimal memang bukan jaminan mengantarkan artikel Anda ke halaman utama pada pencarian Google, karena masih banyak indikator lainnya seperti relevansi, pembuatan konten berkualitas, pembuatan sub heading (H1, H2, H3), dan lain-lain.

Akan tetapi, bukan mustahil, kalau Anda menerapkan penggunaannya dengan tepat sebelum Anda memposting sebuah artikel, sanggup jadi artikel Anda berada di halaman utama pencarian Google dan keberuntungan akan memihak Anda, lantaran memiliki kesempatan lebih banyak mendapatkan klik dibanding halaman lainnya.

Bagaimana cara mngoptimalkan kata kunci/ keyword sehingga dapat berfungsi dengan baik pada teknik SEO yang sudah teman-teman terapkan pada website atau blog . Optimasi keyword atau kata kunci suatu web adalah hal yang paling mendasar dan sangat penting bagi para master SEO di dunia, tetapi sering dilupakan oleh penulis karena penulis biasanya hanya fokus pada jumlah penulisan keyword dan keyphrase pada artikel yang sedang dibuatnya sebelum di pubish.

Optimasi keyword merupakan teknik SEO untuk mengoptimalkan fungsi keyword pada suatu halaman website dengan tujuan meningkatkan peringkat website teman-teman di mesin pencari. Untuk mendapatkan hasil maksimal di mesin pencari, kita perlu menata keyword pada artikel dengan baik dan benar. Hal harus teman-teman perhatikan adalah Judul, permalink, dan deskripsi.

Sebaiknya teman-teman lebih fokus dalam penulisan keyword di artikelnya dari pada membangun backlink yang sangat jelas tidak disukai oleh algoritma mesin pencari. Dengan fokus terhadapa keyword, artikel teman-teman akan lebih berpeluang untuk menembus page rank tertinggi. Tentunya kita juga akan mendapatkan visitor aktif, yaitu visitor yang akan memberi pujian apabila artikel yang dibuat bagus atau informasi yang diberikan bermanfaat.

3 Teknik SEO Menerapkan Kata Kunci Artikel 

 Teknik SEO Menerapkan Kata Kunci Artikel Blog  Terbaru -  #3 Teknik SEO Menerapkan Kata Kunci Artikel Blog
Meskipun begitu anda jangan berkecil hati, karena selain meta keyword, masih banyak beberapa titik dalam halaman situs untuk meletakan keyword yang anda targetkan sebagai berikut:


1. Meletakan atau tempatkan kata kunci Anda pada Meta Description


Meta description digunakan untuk menulis deskripsi atau penjelasan singkat dari artikel yang anda buat, harus diperhatikan, deskripsi suatu artikel adalah peluang kedua pertimbangan pengunjung untuk mengunjungi situs anda setelah judul artikel yang mereka cari ditemukan, oleh karena itu anda harus benar-benar membuat deskripsi artikel semenarik mungkin dan sebisa mungkin memberikan informasi kepada pengguna apa yang akan mereka dapatkan jika mereka masuk untuk membaca artikel yang anda buat. syarat penulisan meta deskription adalah sebagai berikut:

  • Penulisan deskirpsi dilarang melibihi 165 karakter, 
  • Tidak boleh ada pengulangan kata yang sama lebih dari 3 kali,
  • Deskripsi harus dibuat se spesific mungkin, bisa mewakili isi artikel, harus relevan dengan isi artikel yang anda buat, jangan lupa ketika anda menciptakan deskripsi, anda harus meletakan kata kunci yang anda bidik dengan baik.

2. Menempatkan Kata Kunci dalam penulisan URL atau alamat situs, 

Manfaatkan untuk meletakan kata kunci anda.Alamat url, tidak kalah pentingnya dengan title tag, anda bisa meletakan kata kunci yang anda bidik pada alamat url, alamat url bisa digunakan oleh pengunjung untuk masuk kehalaman blog anda secara langsung, anda harus membuat alamat url sebisa mungkin mudah dipahami dan mudah untuk diingat oleh pengunjung .
Contoh penulisan alamat url yang baik:

3. Buatlah Heading tag untuk meletakan kata kunci Anda, (H1 sampai dengan H6 , Terutama H1 Tag )

Sampai saat ini, H1 atau heading 1 masih memiliki peranan paling penting untuk meningkatkan ranking halaman situs. berdasakan analisa dan observasi para pakar seo, halaman situs yang memiliki tag H1 akan lebih memiliki peluang untuk tampil lebih baik pada halaman SERP dibanding dengan halaman tanpa H1 tag, ketika anda meletakan kata kunci pada tag H1, secara tidak langsung anda memberi tahu search enggine tentang isi artikel, ada beberapa tips yang harus anda ikuti untuk meletakan kata kunci pada heading tag yaitu:
  • Gunakan H1 tag untuk meletakan Kata kunci utama yang Anda bidik, misal untuk meletakan judul artikel. atau judul situs ditambah dengan kata yang berkaitan,
  • Anda hanya boleh memiliki H1 sebanyak hanya 1 buah saja dalam setiap artikel. Muncul pertanyaan, bagaimana jika dalam sebuah artikel terdapat 2 atau lebih tag H1?, saya katakan itu tidak baik untuk halaman artikel Anda, memang perlu dibuktikan, tapi cukup kita lihat dari aneka macam pengalaman para pakar SEO, ketika mereka menempatkan lebih dari tag H1 dalam halaman artikel mereka, ternyata halaman mereka merosot di hasil pencarian google.
  • Untuk Setiap Heading tag terutama Tag H1, harus mengandung kata kunci yang punya relevansi dengan title dan isi artikel, jangan terlalu berlebihan meletakan kata kunci dalam Tag H1, masukan sewajarnya saja.
  • Letakan Juga kata kunci pada beberapa tag tag H2 hingga dengan H6 jika anda kehendaki, heading tag selain H1, yaitu tag H2 sampai dengan tag H6 boleh muncul lebih dari 1 kali dalam artikel. Apakah tag H1 hingga dengan H6 semuanya harus ada secara lengkap dalam artikel? saya katakan tidak harus yang terpenting ialah Tag H1, itu sifatnya wajib jika anda ingin menciptakan artikel anda berkualitas dimata mesin pencari.

Menentukan Kata-Kunci (keywords)

Ada Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam menentukan kata kunci atau keywords:
  • Menganalisa kata-kunci melalui dengan Google keyword Planner.
  • Menyisipkan Kata-kunci pada nama domain yang akan dibuat.
  • Usahakan menciptakan kata-kunci atau keywords harus sesuai dengan konten dan lebih dari 3 suku kata.
  • Tentukan kata-kunci dengan mencari kata-kunci atau keywords yang mempunyai tingkat persaingan rendah (Low competition) dan banyak pencarian setiap bulannya.
  • Pada Gambar (imaget) disetiap artikel, buatlah agar pada Alt img mengadung kata-kunci atau keywords .
  • Usahakan agar kalimat yang mengandung kata-kunci atau keywords, juga disisipkan pada judul dan pada artikel .
  • Dapat menambahkan format Blod dan Italic pada positngan yang mengandung kata kunci atau keywords .


Kemudian dari beberapa kata-kunci atau keywords yang sudah didapatkan maka buatlah artikel pada postingan Anda yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk menshare postingannya Anda seperti difacebook, twitter, atau instagram atau dapat juga dengan menulikan artikel Anda di website yang menyediakan guest post sambil menyisipkan link website atau blog anda.

Itulah sedikit share tentang Pentingnya kata-kunci dalam membangun sebuah website atau blog yang maksimal dimata mesin pencari seperti google. Penggunaan Kata-Kunci atau Keywords harus didukung dengan desain website atau blog yang menarik dan SEO friendly seperti dalam penggunaan thema atau template apakah itu thema free atau berbayar.

Cara Praktis Menerapkan Keyword Yang Optimal


Bagi para blogger atau publisher google hal terpenting bagi mereka adalah menciptakan sebuah artikel yang berada pada halaman pertama ( page one ). Supaya artikel tersebut ingin menjadi dan berada pada halaman pertama di google maka keyword yakni kunci utamanya.

 

Jika keyword yang digunakan merupakan keyword yang sangat relevan dan keyword tersebut adalah keyword hasil riset yang sangat matang lalu menerapkanya pada SEO blog yaitu pada bagian title,permalink,dan isi artikel blog tersebut sehingga artikel bisa berada pada halaman pertama pada mesin pencari.

Disini saya akan menyampaikan hal yang biasanya saya lakukan supaya artikel bisa page one dengan menerapkan keyword yang optimal. Sebelum membuat artikel pastikan kita telah mengetahui isi atau konten dari artikel tersebut, jangan sampai nanti ketika membuat artikel isinya malah membahas yang lain-lain.
  • Buatlah beberapa kalimat untuk menopang isi dan keyword, mirip kalimat Tanya, kalimat menawarkan, kalimat pendek, kalimat panjang dan kalimat 5w+1h. 
Sebagai contoh disini saya akan membuat sebuah artikel yang membahas mengenai “ penerapan keyword yang optimal pada blog “ sebelum membuat isi dari artikel tersebut buat beberapa kalimatnya, seperti :

1.
Bagaimana cara penerapan keyword

2. Maksud dari penerapan keyword

3. Keyword yang optimal pada blog


4. Keyword blog dan cara penerapanya

5. Membuat keyword yang optimal

Diatas merupakan kalimat-kalimat yang buat untuk nanti menopang artikel blog saya dan kalimat tersebut juga bisa digunakan sebagai kerangka untuk isi artikel blog.

  • Setelah itu risetlah keyword yang benar yaitu dengan cara menggabungkan kata demi kata supaya mampu membentuk sebuah kata kunci untuk nanti disebar diisi artikel blog, disini saya menargetkan isi artikel dengan kata kunci utamanya “ keyword yang optimal “ kemudian saya menciptakan artikel mirip biasanya. 
  • Nah pada dikala membuat artikel jangan lupa menyebar kata kunci utama tersebut pada isi artikel supaya artikel sanggup page one dan artikel bisa muncul dibeberapa keyword, cara menyebarkan keyword utama yakni dengan menambahkan kata baik itu diawal,dipertengahan dan sanggup juga dibagian belakang keyword utama seolah-olah “penerapan keyword yang optimal “, “apa itu keyword yang optimal “, “ blog dengan keyword yang optimal”,” optimasi blog dengan menggunakan keyword yang optimal”. 
  • Buatlah kalimat tersebut sebanyak-banyak untuk disebar dibagian isi artikel blog, teknik yang optimal untuk menerapkan keyword yang optimal yakni dengan menyebar keyword tersebut pada kepingan isi artikel blog namun jangan terlalu banyak, jadi pada saat menyebar keyword pastikan teks atau kalimat tersebut cocok dengan kata yang ada pada keyword. 
  • Gunakan juga jenis keyword lainya untuk menopang artikel blog seperti Long Tail Keyword ( LTK ) dan lainya, biar artikel sanggup page one atau dalam bahasa gaul blogger ialah pejwan maka setting juga kepingan PERMALINK artikel dengan menyisipkan keyword utama pada bagian permalink tersebut. 
Teknik saya dalam menciptakan artikel supaya bisa page one ialah dengan memperbanyak kata dan kalimat pada isi artikel blog, dengan banyaknya kata dan kalimat pada isi artikel blog maka artikel bisa memiliki lebih banyak kata yang terikat pada kata kunci atau keyword

3 Jenis Kata Kunci dalam Artikel

Kata kunci atau keyword yakni rangkaian kata yang selalu familiar di telinga blogger. Dengan mengetahui jenis kata kunci yang akan kita bidik, maka riset kata kunci mampu menjadi lebih gampang dan tepat. Selain itu, dengan mengenal jenis keyword ini, maka kita juga dapat mengoptimalkan konten website kita dengan lebih baik lagi

1. Kata Kunci “Buying Keyword”

Buying Keyword adalah kata kunci yang kerapa dipakai oleh orang- orang ketika mencari atau ingin membeli sebuah produk di internet. Misalnya Andi ingin membeli sepatu Nike dan dia ingin membelinya secara online dengan melakukan riset di Google. Ketika membuka Google, maka Andi akan mencarinya di Google dengan kata kunci ‘jual sepatu Nike’. Nah, ini lah yang disebut dengan ‘Buying Keyword’.
Memang tidak semua calon pembeli akan menggunakan ‘Buying Keyword’ ketika mencari produk, namun kecenderungan mereka menggunakan kata kunci ini sangat besar ketika berkaitan dengan jual-beli online. Maka dari itu, jika Anda berjualan secara online, maksimalkan lah penggunaan kata kunci ini. Bahkan toko online sekelas Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak pun ikut ramai memaksimalkan penggunakan ‘Buying Keyword’ ini.


2. Kata Kunci Potensial Pertanyaan Masalah

Kata kunci berisi pertanyaan masalah sangat potensial, terutama untuk website berbasis content publishing. Keyword ini kerap dipakai oleh orang- orang yang sedang membutuhkan solusi atas sebuah pertanyaan atau masalah yang dihadapinya. Kata kunci ini biasanya diawali dengan kata kunci ‘Bagaimana’ atau ‘Cara’.


3. Kata Kunci Musiman

Sesuai namanya, kata kunci ini tidak selalu ramai digunakan, kecuali pada saat yang tepat. Kata kunci musiman populer di waktu- waktu tertentu, misalnya ekspresi dominan lebaran, animo bola ( moment piala dunia ), tahun baru, natal, valentine dan masih banyak lagi

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - #3 Teknik Seo Menerapkan Kata Kunci Artikel Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel