Terbaru - √ Pengertian Komputer Dan Sejarah Perkembangan Komputer Terlengkap

Pengertian komputer dan sejarah perkembangan komputer dapa kau baca dan pahami diartikel ini. Definisi komputer ialah berasal dari bahasa latin yaitu “computare” berarti menghitung atau memperhitungkan, menggabungkan tolong-menolong, kalau dalam bahasa inggris disebut dengan “to compute” yang atinya orang yang sedang menghitung.


A. Penjelasan komputer


Komputer seperti yang telah kita ketahui pada umumnya merupakan sebuah alat elektronik yang bisa memiliki banyak fungsi dan sanggup melaksanakan banyak tugas. Pada masa perang dunia yang ke dua komputer yaitu suatu mesin mekanis yang mempunyai fungsi untuk melaksanakan perhitungan operasi aritmatika ataupun alat yang dipakai untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang telah dirumuskan.


Selain itu definisi komputer ialah sebagai kumpulan alat elektronik yang saling terkoordinasi satu sama lain sehingga sanggup menerima data, mengolah data dan pada akhirnya akan menghasilkan suatu keluaran atau output yang disebut dengan informasi, kalau di ibaratkan data input kemudian di proses dan dikeluarkan/output berupa informasi.


B. Sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa


Inilah sejarah perkembangan komputer dan ciri-cirinya dari masa ke masa, diantaranya sebagai berikut:


Abacus – Muncul sekitar 5000 tahun yang kemudian di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga dikala ini, sanggup dianggap sebagai cikal bakal atau awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan si penggunanya sanggup melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian yang geser, diatur pada sebuah rak. Terutama para pedagang di masa itu memakai abacus untuk menghitung transaksi bisnis atau perdagangan. Seiring dengan kemunculan pensil dan kertas, terutama di benua eropa, Abacus mulai kehilangan popularitasnya.


Komputer generasi pertama (1940 – 1959) – Komputer generasi yang pertama ini memakai tabung vakum untuk memproses dan menyimpan datanya. Sehingga menjadi cepat panas dan gampang sekali terbakar, oleh sebab ialah itu di perlukan beribu-ribu tabung vakum untuk menjalankan operasi keseluruhannya.


Komputer generasi kedua ( 1959 – 1964 ) – Pada tahun 1948, setelah di temukannya transistor sangat mensugesti perkembangan dari komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di radio, televise dan komputer. Lalu akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer sejak tahun 1956. Penemuan lainnya yang berupa pengembangan memori inti – magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang ukurannya lebih kecil dari generasi pertama, lebih cepat, lebih sanggup mendapat amanah dan juga lebih hemat energi dibanding dengan yang sebelumnya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi gres ini yaitu superkomputer.


Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970) – IC (Integrated Circuits) atau dikenal juga dengan rangkaian terpadu menggantikan fungsi dari transistor. Dari sebuah keping IC, sanggup menggantikan beberapa transistor, diode serta resistor sekaligus, sampai mempunyai kinerja lebih baik kalau dibandingkan generasi pendahulunya. Walaupun mempunyai ukuran lebih kecil, tapi kecepatannya semakin tinggi, kapasitasnya lebih besar dan memungkinkan untuk berkomunikasi antar komputer.


Komputer Generasi Keempat (1970-an – Sekarang) – Komponen utama dari komputer ini menggunakan VLSI (Very Large Scale IC) yaitu IC yang mempunyai kemampuan yang telah ditingkatkan sampai ratusan bahkan ribuan kali dengan ukuran fisik yang lebih kecil atau cirinya memakai Microprocessor yang merupakan pemadatan dari ribuan IC kedalam sebuah Chip (Komputer generasi keempat ini yaitu yang kita temui pada saat ini).


Komputer generasi ke lima – Dalampengembangan, rencana masa depan komputer generasi ke lima ialah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence atau disebut dengan AI. Sehingga komputer di masa depan sanggup menunjukkan respon atas impian penggunanya. Ciri-ciri komputer generasi ini yaitu :



  • Masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum terlalu banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang.

  • Komponen elektronikanya memakai bentuk yang paling gres dari chip VLSI.

  • Programnya dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan bahasa LISP (List Processor)

  • Difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence atau Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berafiliasi dengan penggunaan komputer untuk melakukan banyak sekali kiprah yang merupakan analog tingkah laris manusia.



Pengertian komputer dan sejarah perkembangan komputer Terbaru -  √ Pengertian Komputer Dan Sejarah Perkembangan Komputer Terlengkap

Ilustrasi bentuk komputer



C. Dibawah ini beberapa Pengertian komputer berdasarkan para jago:



  1. Menurut Gordon B. Davis – Komputer ialah merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang niscaya.

  2. Sedangkan berdasarkan Elias M. Awad – Komputer ialah sebuah alat hitung yang sanggup memproses data supaya sanggup disajikan dalam bentuk data digital & data analog.

  3. Dan berdasarkan, Larry Long dan Nancy Long – Komputer ialah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah aktivitas berupa input, output, perhitungan, & operasi-operasi logik lainnya.


D. Di bawah ini beberapa Fungsi dan manfaat komputer, diantaranya sebagai berikut ini:



  1. Sebagai alat atau sarana untuk komunikasi – misalnya  fungsi komputer ini, kita sanggup bicara dengan saudara ataupun sobat kita melalui webcam. Bisa berkomunikasi surat melalui surat elektronik atau lebih sering disebut dengan Email, chatting dan lain-lain yang sanggup dijadikan sebagai alat komunikasi melalui Jaringan komputer yang sangat luas atau sering disebut dengan internet.

  2. Sebagai fungsi Multimedia – dengan memakai komputer kita sanggup mengolah dan mengedit foto maupun video, serta sanggup untuk merekam sebuah lagu dll. Tentunya memakai softwere.

  3. Fungsi hiburan – sanggup digunakan untuk bermain game, mendengarkan lagu atau musik, ataupun menonton film. Kita sanggup menginstall games di komputer kita dan memainkannya asalkan komputernya memiliki spesifikasi yang cocok untuk game tersebut.

  4. Sebagai alat atau sarana keamanan – Dalam bidang keamanan, komputer dipakai sebagai cuilan kepentingan suatu negara dalam menghadapi serangan dari pihak luar yaitu dengan memperkuat pertahanan. Dengan mengendalikan komputer, suatu negara sanggup memakai peralatan yang canggih.

  5. Membantu dalam proses pendidikan atau pengajaran – Ini maksudnya yaitu sanggup membantu dalam proses presentasi atau dalammemberitahukan bahan pelajarn kepada siswa dan kadang siswa suka menyimpan data-data pelajaran mereka.

  6. Berfungsi untuk melaksanakan sistem pemrograman serta pemrosesan sebuah data – Sering digunakan pada aneka macam aplikasi ihwal sistem informasi, termasuk untuk pembuatan suatu kegiatan yang sanggup membantu memudahkan user dalam menggunakan sebuah komputer.

  7. Berfungsi membantu dalam bisnis – Misalnya memproses informasi dan data keuangan perusahaan, pendataan karyawan, atau media promosi, bisa juga sebagai transaksi online. Dengan menggunakan komputer, berbisnis lebih praktis dan efesien.

  8. Sebagai sarana dalam mempermudah dunia kerja – Misalnya jaman dahulu mesin ketik dipakai untuk mengetik surat dan apabila terdapat kesalahan maka surat tersebut akan di ketik ulang kembali, otomatis surat yang telah diketik tidak sanggup di edit kembali. Sedangkan kini dengan menggunakan komputer, kita sanggup mengetik surat yang bias di edit dan File tersebut sanggup disimpan.

  9. Dan masih banyak lagi yang lainnya.


Itulah di atas mengenai definisi atau pengertian komputer, biar artikel ini sanggup menambah wawasan kamu dan tentunya sanggup memeberikan manfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - √ Pengertian Komputer Dan Sejarah Perkembangan Komputer Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel