Terbaru - Tips Dalam Membuat Artikel Blog Yang Berkualitas Lengkap

Tips Dalam Membuat Artikel Blog Yang Berkualitas Lengkap -  Dalam Langkah Membuat Blog Artikel atau konten berkualitas adalah hal yang paling penting dari suatu Blog.Maka dari itu banyak Blogger sukses yang merekomendasikan untuk lebih fokus terhadap artikel daripada SEO.Ada banyak hal yang bisa menentukan apakah artikel itu bisa disebut berkualitas atau tidak, misalnya :

  1. Kelengkapannya, Misalnya ditambahkan gambar,gambaran,video,dan sebagainya.
  2. User-friendly, yummy dibaca dan gampang dipahami.
  3. Keasliannya (Original), artikel buatan sendiri jauh lebih baik dari artikel copas.
  4. Dan lain-lain.

Memang sangat sulit untuk membuat artikel yang memenuhi kriteria diatas,apalagi kalau masih pemula.Blogger yang masih pemula masih mempunyai sedikit pengetahuan mengenai urusan tulis-menulis.Tidak sedikit juga yang meremehkan hal tulis-menulis,banyak yang berpikir menulis artikel sama seperti menulis diary,padahal tidak (kecuali jika blog tersebut memang diary).Meskipun kalian selalu mendapatkan nilai yang bagus pada mata pelajaran bahasa indonesia,bukan berarti kalian bisa menulis artikel dengan mudah. Baca Juga Cara Blogwalking Yang Efektif dan Benar

 Tips Dalam Membuat Artikel Blog Yang Berkualitas Lengkap  Terbaru -  Tips Dalam Membuat Artikel Blog Yang Berkualitas Lengkap

Masih banyak hal yang perlu dipelajari untuk membuat artikel yang berkualitas,Tapi untuk mempermudahnya,di artikel ini saya akan meringkasnya menjadi beberapa 4 Poin penting yang bisa kalian praktekan pribadi.
Sebelumnya, biar saya jelaskan tujuan dari hal yang akan saya bahas disini,yaitu :
  1. Membuat artikel biar lebih lengkap dari Blog lain.
  2. Belajar membuat artikel yang panjang juga berbobot.
  3. Menambahkan wawasan gres seputar ngeblog bagi yang membacanya.
  4. Dan hal lainnya yang sanggup kalian simpulkan sendiri.

1. Kenali Jenis Artikel Yang Akan Dibuat :

Baiklah,pada poin pertama yaitu kalian harus mengenali jenis artikel kalian,bahu-membahu ini bukanlah hal yang harus diprioritaskan,tapi agar artikel kalian dapat memenuhi "TARGET", maka kalian harus bisa mempraktekkannya.

Contohnya : Jika artikel kalian mengenai suatu tutorial,maka sasaran kalian agar si pembaca eksklusif mempraktekkannya sesudah membaca tutorial tersebut.
Atau contohnya kalau artikel kalian mengenai informasi dari suatu hal,maka target kalian adalah semoga si pembaca tersebut pribadi mengerti hal yang dibahas tersebut. Hal ini bisa dilihat jika tidak ada yang berkomentar atau bertanya lagi pada kalian.Itulah kenapa mengenal jenis artikel kalian cukup penting biar kalian bisa memenuhi target-sasaran tersebut

Berikut pola hal yang bisa kalian jadikan sasaran berdasarkan jenis artikelnya :

  • Artikel Berita : Buat selengkap dan seserius mungkin,targetnya supaya pembaca kalian tidak perlu mencari Blog lain yang lebih lengkap penjelasannya.
  • Artikel Review / Ulasan : Buat selengkap mungkin dan buat menjadi beberapa kepingan,misalnya kelebihan,kekurangan,dan lain-lain.Targetnya semoga pengunjung tahu produk yang direview itu layak dicoba atau tidak
  • Artikel Tutorial : Buat sejelas mungkin, kalau sanggup gunakan unsur aksesori lainnya seolah-olah gambar atau video, Targetnya supaya si pembaca bisa mempraktekannya dengan praktis.
  • Artikel Informasi : Buat selengkap dan se-detail mungkin. Targetnya agar pengunjung eksklusif mengerti dengan apa yang kalian bahas (ibarat yang saya jelaskan sebelumnya).

2. Mengenali Pesaing :

Kalau kalian mau bikin artikel yang lengkap dan panjang,kalian mampu menggunakan tips ini,Maksud dari cara ini yakni mengumpulkan kembali hal-hal yang telah dibahas oleh blog lain,terutama blog yang ada di halaman pertama.Dan biar lebih lengkap,kalian mampu mengikuti langkah yang sering saya lakukan berikut :

"Catat poin penting dari Blog diperingkat teratas pada mesin pencari"
Penting dan perlu diingat! Tujuan dari cara ini yakni untuk mengumpulkan data yang nantinya akan dipakai pada artikel kalian,jadi bukan berarti mencopas artikel orang lain.

Singkatnya, caranya itu seakan-akan ini :
  • Tulis dan cari keyword yang kalian incar di Google atau mesin pencari lainnya.
  • Buka 1 atau 3 Blog yang berada di peringkat atas,dan catat poin penting pada Blog tersebut. Ingat hanya poin pentingnya saja,jadi sekali lagi bukan copas.
  • Setelah itu,tambahkan juga poin-poin gres yang belum dibahas diBlog-blog tersebut,supaya blog kalian mampu lebih lengkap dari blog lainnya.

3. Buat Struktur atau Kerangka Artikel

Nah, poin-poin yang kalian kumpulkan tadi bisa kalian satukan disini,Kalian mampu membagi poin-poin penting itu menjadi judul dan mungkin beberapa sub judul.

Kalian bisa menuliskan kerangka artikel ini diberbagai macam program tulis menulis,contohnya yang paling mainstream : Ms Word. Tapi kalau saya lebih senang memakai OneNote,karena sanggup sinkron dari berbagai device (PC,Smartphone), selain itu kebetulan saya juga pengguna Windows Phone.Tapi kalau kalian pengguna Android atau iOS,kalian juga bisa menggunakan OneNote atau EverNote sebagai tempat membuat keerangka dasar artikel kalian.

4. Cari Referensi Untuk Mendapatkan Kebenaran :

Yang ini terdengan mirip dialog dalam sinetron Indonesia,Tapi yaa memang begini.Langkah yang keempat ini dilakukan semoga kalian tidak menuliskan hal yang salah,Karena siapa tahu salah satu POIN PENTING yang kalian tulis dari Blog lain itu ialah hal yang salah atau tidak berkhasiat jikalau dilakukan.

Cara mengecek benar atau tidaknya hal tersebut juga sangat simpel,kalian sanggup memakai :
  • Wikipedia
  • Search Engine (Google,Bing,dsb.).
  • Bertanya digrup atau forum tertentu.
  • Dan lain-lain
Dan jika memang ada yang terbukti salah,maka kalian mampu menghapuskan hal itu dari kerangka artikel kalian,Kalian juga mampu menggunakan Wikipedia sebagai referensi untuk menambahkan poin-poin gres pada kerangka artikel kalian.

5. Mulai Menulis Artikel Berdasarkan Kerangka

Sekarang inilah pecahan utamanya,dari kerangka artikel yang hanya terdiri dari beberapa poin itu mampu kalian perpanjang menjadi beberapa paragraf,untuk bisa menulis secara lengkap,kalian mungkin mampu memanfaatkan tips-tips berikut ini :

A. Menargetkan Jumlah Kata Ditiap Artikel :
Menargetkan jumlah kata ini memang bukanlah hal yang harus dilakukan,Tetapi berdasarkan saya cara ini cukup anggun biar kita mau menulis lebih banyak kata lagi.Saya sendiri selalu menargetkan minimal 600 kata disetiap artikel yang saya tulis di blog ini,tapi kalian juga bisa menargetkan jumlah kata yang kalian mau.

Untuk memenuhi jumlah kata yang kalian targetkan,kalian sanggup memperpanjang artikel kalian tersebut dengan cara :
  • Memberikan contoh atau perumpamaan.
  • Menambahkan pengalaman pribadi kalian mengenai hal tersebut.
  • Memberikan klarifikasi mengapa kalian bisa membahas itu.
  • Dan lain-lain.
Tapi itu semua juga terserah kalian,yang penting nulis aja dengan gaya kalian sendiri.

B. Memperbanyak Kosakata Untuk Memperpanjang Kalimat :
Yang ini mungkin tips yang sedikit absurd,karena tips ini justru lebih sering digunakan Rapper untuk menciptakan sesuatu yang unik di Rap mereka.Walaupun begitu,cara ini menurut saya cukup efektif supaya kalian bias membuat kalimat yang panjang tapi berbobot.Jangan cuma ngandelin imajinasi untuk membuat kalimat yang baik,alasannya ialah kali juga sanggup memperbanyak kosakata kalian dengan sering-sering membaca dari blog atau website lain yang menurut kalian patut dijadikan contoh.

Saya sendiri sering membaca banyak referensi dari Blog atau website lain untuk memperbanyak agar bisa saya rangkat menjadi kalimat yang lebih rapih,Jadi yang perlu kalian lakukan hanyalah banyak-banyak membaca dan terus belajar pastinya.


Baca

Baca Juga


Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Tips Dalam Membuat Artikel Blog Yang Berkualitas Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel