Terbaru - #11 Tools Akurat Cek Kecepatan Website/Blog Tahun 2020

- #11 Tools Gratis Cek Kecepatan Website/Blog Tahun 2020  Dengan menjamurnya kegiatan blogging di tanah air akhir-akhir ini, kecepatan akses merupakan prioritas utama dan harus wajib di miliki oleh sebuah website atau blog. Kecepatan website selalu menjadi prioritas utama bagi para pemilik website baik itu blogger pemula atau senior sekalipun. Baik blog bagi para blogger, toko online, website company profile, website forum, maupun jenis website lainnya selalu dituntut untuk loading cepat atau fast loading.


 Dengan menjamurnya kegiatan blogging di tanah air akhir Terbaru -  #11 Tools Akurat Cek Kecepatan Website/Blog Tahun 2020
Sumber: EliteMarketer.id
Karena salah satu faktor paling penting dan mempengaruhi traffic pengunjung situs web adalah kecepatan situs web tersebut. Jika sebuah situs web mudah dan cepat untuk akses ke situs web otomatis membuat pengunjung nyaman dan “betah” berlama-lama membaca artikel demi artikel yang disuguhkan dalam situs web tersebut. Faktor kecepatan situs web juga sangat penting untuk meningkatkan peringkat SEO. Oleh sebab itu, sobat wajib memeriksa kecepatan situs web secara berkala. Untuk membantu sobat sekalian, saya akan membahas berbagai tools atau alat gratis yang dapat sobat gunakan untuk memeriksa kecepatan situs web.

Mengapa Website Harus Dapat di Akses dengan Cepat?

Sebelum sobat menggunakan alat gratis untuk mengecek kecepatan akses website, sobat juga perlu mengetahui mengapa website harus cepat. Apa yang terjadi jika website sobat memiliki loading yang  terlalu lama? Berikut penjelasannya dibawah ini:

Pengunjung Tidak Akan  Sabar Menunggu

Pengguna internet atau orang yang berjelajah di internet mencari suatu infomasi penting atau hanya iseng-iseng belaka, Jika seseorang tersebut mencari informasi maka pengguna tersebut tidak sabar untuk mendapatkan yang mereka inginkan, baik itu mendapatkan informasi maupun membeli produk. Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

Pengunjung Tidak Akan Kembali ke Website atau Blog yang Lambat

Sekali pengunjung tahu kalau website sobat loading super duper lama, alhasil kemungkinan besar para pengunjung tidak akan kembali mengunjungi website sobat. Berdasarkan survey KissMetric, 79 persen pengunjung tidak akan kembali mengunjungi website yang mereka anggap lama loading-nya.

Website Cepat, Ranking Semakin Tinggi di Google

Hal yang paling menentukan ranking sebuah website atau blog di hasil pencarian, Salah satu faktor utamanya adalah kecepatan loading website.  Google menggunakan berbagai faktor. Semakin cepat loading website, semakin bagus nilai website di mata Google. Faktor ini berlaku untuk hasil pencarian di desktop dan mobile.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Website

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penentu kecepatan akses website, yaitu:

  • Lokasi dan Spesifikasi Server hosting yang sedang sobat digunakan
  • Kecepatan koneksi internet
  • Ukuran file gambar, video atau file multimedia lainnya
  • Penggunaan plugin yang terpasang di website
  • Source Code yang dipakai tema meliputi HTML, CSS, JavaScript dan lain sebagainya. 
  • Dan masih banyak faktor lainnya.

Tools Cek Kecepatan Website Gratis

Terdapat berbagai cara untuk mengecek kecepatan website. Sobat bisa memilih salah satu atau beberapa tools di bawah ini untuk mengecek kecepatan website yang sobat miliki. Berikut 10 tools untuk cek kecepatan website gratis:


1. Pingdom


 Dengan menjamurnya kegiatan blogging di tanah air akhir Terbaru -  #11 Tools Akurat Cek Kecepatan Website/Blog Tahun 2020
Pingdom merupakan salah satu dari sekian banyak tools monitoring website paling terkenal saat ini. Yang memakai jasanya pun berasal dari perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Spotify, Twitter, dan Pinterest. Salah satu fitur gratisnya yang disediakan ialah cek kecepatan website.
Pingdom menilai kecepatan suatu website memakai skala dari 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai yang telah di tunjukan saat sahabat selesai menyelidiki kecepatan website, maka hasil itu bisa di jadikan pola bahwa website sobat bisa dikatakan mempunyai kualitas yang baik. Tapi, sahabat jangan terlalu terobsesi untuk memperoleh nilai 100. Sebab yang paling penting dari cek kecepatan website di Pingdom adalah saran-saran apa saja yang perlu dilakukan biar bisa meningkatkan nilai kecepatan website.

2. Google PageSpeed Insight

 Dengan menjamurnya kegiatan blogging di tanah air akhir Terbaru -  #11 Tools Akurat Cek Kecepatan Website/Blog Tahun 2020
Sejak tahun 2020 silam, Google secara resmi memasukkan kecepatan website sebagai salah satu indikator penilaian untuk SEO sebuah website. Pada tahun yang sama juga Google merilis Google PageSpeed Insight untuk membantu para penggunanya baik itu pemla atau webmaster sekalipun untuk bisa mengecek kecepatan website yang di kelolanya dari perangkat desktop dan perangkat mobile.
Google sendiri punya penilaian untuk menilai kecepatan loading website. Google menggunakan skor persen. Lighthouse mengembalikan skor Performa antara 0 dan 100. 0 ialah skor serendah mungkin. Skor 0 biasanya menunjukkan kesalahan pada website sobat. Jika sobat melihat skor 0 berulang kali, silakan usikan bug pada repo Mercusuar . 100 adalah skor terbaik, situs dengan performa terbaik. Nilai Performa 0 sampai 49 persen menunjukkan website sobat lambat. Nilai 50 sampai 89 persen menunjukkan kecepatan website sobat sudah mencapai rata-rata yang di tentukan pihak Google. Terakhir, nilai 90 sampai 100 persen menandakan website Anda cepat. Google PageSpeed Insight juga akan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas user experience di perangkat mobile.

Kode-kode warna untuk rentang skor Kinerja PageSpeed Insight :

  • 0 hingga 49 (lambat): Merah
  • 50 hingga 89 (rata-rata): Oranye
  • 90 hingga 100 (cepat): Hijau
 Dengan menjamurnya kegiatan blogging di tanah air akhir Terbaru -  #11 Tools Akurat Cek Kecepatan Website/Blog Tahun 2020
Mungkin tools yang satu ini  sudah tidak asing untuk blogger yang menggunakan WordPress karena tools ini menyediakan plugin keamanan untuk WordPress.  Namun pada situs ini juga menyediakan satu fitur gratisnya adalah cek kecepatan website.

Salah satu keunggulan dari fitur ini adalah sobat bisa mengecek loading website dari beberapa negara  sekaligus. Tools ini cocok sekali buat sobat yang membuat blog dalam bahasa inggris dengan akses pengunjung dari seluruh dunia.

Salah satu elemen penting dari tools ini adalah  "time to first byte" yang menyatakan waktu yang di butuhkan, berapa lama konten sobat dikirim kembali ke browser untuk mulai memproses.

4. Google Mobile Website Speed Testing Tool

 Dengan menjamurnya kegiatan blogging di tanah air akhir Terbaru -  #11 Tools Akurat Cek Kecepatan Website/Blog Tahun 2020
Pihak Google berpendapat, bahwa pengunjung akan lebih cepat meninggalkan website yang tidak mobile friendly. Atas dasar itulah, Google meluncurkan Google Mobile Website Speed Testing Tool. Tool ini didukung oleh teknologi dari Google PageSpeed Insight, tetapi lebih fokus untuk evaluasi website di perangkat mobile.
Google Mobile Website Speed Testing Tool juga menilai kecepatan website dalam skala 0 sampai 100 dan memberikan saran-saran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website di perangkat mobile. Bisa mendapat laporan kecepatan website melalui email atau pribadi dikirimkan ke developer webmaster.
 Dengan menjamurnya kegiatan blogging di tanah air akhir Terbaru -  #11 Tools Akurat Cek Kecepatan Website/Blog Tahun 2020
Site Relic ialah tool kecepatan website gratis yang masih baru. Meskipun gres Software satu ini memungkinkan sahabat untuk mengecek kecepatan website baik di perangkat mobile maupun di perangkat desktop. Pelaporannya, Geek Flare hanya menyediakan informasi di detik ke berapa konten di website sobat mulai loading dan di detik berapa halaman website sudah loading secara penuh.

6. GTMetrix

 Dengan menjamurnya kegiatan blogging di tanah air akhir Terbaru -  #11 Tools Akurat Cek Kecepatan Website/Blog Tahun 2020

Selain Pingdom, GTMetrix merupakan alternatif lain yang sering saya gunakan untuk mengecek kecepatan website ini. Saya sarankan sobat harus memakai tools yang satu ini selain gratis  tools ini simpel sekali di gunakan. Cara penggunaannya yang praktis dan gratis cocok untuk pemula. Tool ini menyediakan analisis lengkap kecepatan website menurut rekomendasi dari Google PageSpeed Insight dan YSlow.
GTMetrix menampilkan ringkasan analisis kecepatan website di penggalan atas halaman sehingga praktis dibaca. Ringkasan tersebut berisi page size, jumlah request, dan total waktu loading. GTMetrix juga menyediakan analisis untuk mengidentifikasi persoalan apa yang Anda hadapi dan rekomendasi yang diharapkan untuk mengatasi dilema tersebut.
Anda bisa menyimpan analisis kecepatan website di GTMetrix dengan menciptakan akun secara gratis. Akun gratis GTMetrix memungkinkan Anda menyimpan hingga 20 tes kecepatan terakhir.

7.  KeyCDN Website Speed Test

 Dengan menjamurnya kegiatan blogging di tanah air akhir Terbaru -  #11 Tools Akurat Cek Kecepatan Website/Blog Tahun 2020

Tool cek kecepatan website gratis milik KeyCDN menyediakan cara yang gampang dan cepat untuk menganalisis kecepatan website Anda. KeyCDN menampilkan ringkasan analisis beserta preview halaman yang Anda periksa.
Anda bisa menjalankan baik investigasi umum maupun private yang bisa Anda bagikan atau bookmark. KeyCDN menawarkan analisis dari metode request (GET/POST), status arahan HTTP, tipe file, ukuran konten, waktu tunggu/terima, total waktu download, dan lain-lain.

8. Load Impact

Load Impact ialah salah satu tool kecepatan website yang menyediakan layanan gratis dan berbayar. Untuk layanan cek kecepatan website gratis, Anda perlu sign up dan mendapat kuota tes kecepatan website gratis maksimal lima kali dalam sebulan. Layanan premiumnya dibandrol dengan harga 89 US Dollar per bulan.

9. WebPageTest

WebPageTest dikembangkan oleh Patrick Meenan, teknisi Chrome (Google). Software yang bersifat open source ini memungkinkan Anda untuk melakukan tes kecepatan website dari beberapa lokasi di seluruh dunia memakai browser secara gratis.
WebPageTest bahkan menyediakan fitur suplemen seolah-olah capture video, pemblokiran konten, perbandingan first view dengan repeat view, mengubah kecepatan koneksi, dan banyak lagi. Kelebihan dari WebPageTest yakni sudah mendukung HTTP/2 sehingga Anda bisa melakukan uji coba kinerja dari WordPress hosting dengan mengikutsertakan SSL dan parallelism dalam evaluasi.

10. Web Page Analyzer

Web Page Analyzer ialah tool gratis yang sangat direkomendasikan untuk menilik kecepatan website dan komposisi website. Tool ini akan memberitahu Anda kecepatan website Anda pada kecepatan koneksi yang berbeda-beda. Web Page Analyzer juga menyediakan evaluasi menurut 11 aspek indikator di mana Anda bisa mendapatkan rekomendasi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website.

 11. Chrome DevTools

Chrome DevTools merupakan kepingan dari browser Google Chrome. Tool ini cukup terkenal di kalangan para developer lantaran kemudahan aksesnya dan efektivitasnya untuk melaksanakan debugging dan uji coba.
Anda bisa secara simpel menjalankan Chrome DevTools di Google Chrome dengan menekan Command+Option+I (Mac) atau Control+Shift+I (Windows dan Linux). Kemudian Anda bisa melakukan cek kecepatan website situs Anda dan menerima laporannya.
Salah satu fitur terbaik Chrome DevTools ialah kemampuannya untuk memblokir request. Fitur ini sangat berkhasiat untuk menentukan berapa banyak overhead dari layanan dari pihak ketiga di website Anda. Selain itu, tool ini juga terintegrasi dengan LightHouse. LightHouse ialah software open source untuk meningkatkan kualitas halaman website.

Akhir Kata...

Cek kecepatan website adalah kegiatan yang perlu dilakukan secara teratur oleh para pemilik website terhadap website yang di kelolanya. Hal demikian bisa menjadi suatu acuan agar bisa mengetahui secara akurat seberapa cepat website. Setelah mengetahui seberapa cepat website sobat, sobat bisa melakukan perbaikan-perbaikan berdasarkan rekomendasi dari tool kecepatan website.

Sampai disini dlu artikel tentang Tools Gratis Cek Kecepatan Website, Jangan Lupa Subscribe untuk menerima Uptade artikel terbaru blog ini....
Baca juga
Baca

Baca Juga

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - #11 Tools Akurat Cek Kecepatan Website/Blog Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel